Rabu, 09 Oktober 2019

Cara Crimping Kabel LAN "prianmahaditya"2019

Langkah-Langkah Membuat Kabel LAN


Untuk contoh pengkabelan disini saya menggambarkan pembuatan kabel LAN bertipe Straight bukan tipe crossover. Kabel straight biasanya digunakan pada jaringan dari komputer ke switch hub atau perangkat lain yang hendak dihubungkan ke switch hub, sedangkan kabel cross lebih sering digunakan pada model komputer to komputer atau router to router.

Berikut ini Langkah-langkah Membuat Kabel LAN Tipe Straight :

1. Siapkan kabel UTP, RJ45, Tang Crimping dan Tester LAN

Persiapan sebelum membuat kabel lan dibutuhkan peralatan dan bahannya yaitu :
  • Kabel UTP Cat5
  • Konektor RJ45
  • Tang Crimping
  • Tester LAN

lihat gambar dibawah ini :
Kabel UTP Cat5Konektor RJ45Tang CrimpingTester LAN, LAN Tester
Kabel UTP Cat5Konektor RJ45Tang CrimpingTester LAN

Berapa harga dari peralatan dan bahan diatas ? harga yang akan saya munculkan merupakan kisaran harga dan bukan harga mutlak, jadi ini hanya sebagai patokan saja yah.

Berikut ini daftar harga gambar diatas :

  • Kabel UTP Cat5 jenis Belden kalau beli 1 dus panjang 305 meter dikisaran Rp. 1.200.000,- sedangkan jika kita ingin belinya meteran juga bisa, kalau tidak salah 1 meter Rp. 4.000,- (ini untuk yang original USA) Untuk yang Cina permeternya dikisaran Rp. 2.400,-
  • Konektor RJ45 ini jika beli 1 pak isi 50pcs dikisaran harga Rp. 40.000,- kalau beli eceran di toko listrik 1 pcs seharga Rp. 1.500,- sd Rp. 2.000,-.
  • Tang Crimping berguna untuk menjepit konektor RJ45 dan kabel LAN serta memotong kabel, untuk harga tang ini cukup murah dikisaran harga Rp. 30.000,- sd 50.000,- (tergantung merek)
  • Tester LAN berguna untuk mengecek apakah crimping kabel sudah benar atau tidak, untuk harganya dikisaran Rp. 30.000,- sd Rp. 60.000,-
Pastikan seberapa kebutuhan panjang kabel lan yang akan anda buat untuk efisiensi bugjet, yang penting tidak panjang dan tidak pendek.


2. Potong Pelindung Kabel Pada Bagian Ujung Kabel UTP 

Potong disini bukan dipotong habis sama isinya kabel, melainkan bagian luar atau pelindung kabel tembaga UTP. Potong kira-kira 4cm dari ujung kabel lalu renggangkan kabel dalamnya atau lihat gambar dibawah ini :
Pengaturan Posisi Kabel UTP Straight, Cara Crimping Kabel LAN
Potong Kabel dan Atur Posisi Kabel Warnanya (Straight)

Jika sudah diatur posisi warnanya sesuai gambar diatas, lalu rapatkan setiap kabel warna tersebut seperti gambar diatas lalu potong pada bagian kabel warna kira-kira tersisa 1.4cm atau lihat gambar dibawah ini :
Potong Kabel UTP
Potong Kabel dan Atur Posisi Kabel Warnanya (Straight)

Pastikan sebelum memotong kabel tersebut sudah benar urutan kabelnya. Lakukan langkah diatas pada kedua ujung kabel dengan sama.

3. Masukkan Ujung Kabel UTP Ke RJ45


Kabel UTP yang sudah di potong seperti langkah 2 diatas segera masukkan ujung kabel tersebut ke konektor RJ45 atau lihat gambar dibawah ini :
Cara Pasang Kabel UTP Yang SalahCara Pasang Kabel UTP Yang Benar
Cara Pasang Yang SalahCara Pasang Yang Benar

Perhatikan cara pemasangan kabel utp ke rj45 jangan sampai terbalik, lihat gambar diatas. Jika pemasangan terbalik dapat dipastikan anda gagal membuat kabel LAN. Lakukan tahapan diatas pada kedua ujung kabel jangan sampai beda pelaksanaannya.

Jangan lupa dorong kabel utp kedalam rj45 dengan benar sampai ujung kabel mentok di ujung rj45 dan juga pastikan pelindung kabel utp tepat dibawah penjepit rj45 (lihat gambar B diatas).

4. Gunakan Tang Crimping Untuk Menjepit dan Mendorong PIN di RJ45

Persiapkan tang crimping untuk menjepit dan mendorong pin pada ujung rj45, pastikan pin rj45 menusuk kabel utp dengan benar, untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini :
Cara Crimping Kabel LAN
Cara Crimping Kabel LAN

Pada tahap ini anda sudah selesai membuat kabel lan dengan baik dan benar, untuk memastikan kabel lan tersebut berfungsi atau tidak ikuti langkah dibawah ini.

5. Cek Kabel LAN Dengan Tester LAN


Pada tahap ini kita akan memastikan kabel lan yang sudah kita buat berfungsi atau tidak, untuk memastikannya gunakan LAN Tester untuk pengecekkannya.

Berikut caraya :

  • Siapkan kabel LAN lalu masukkan kedua ujung konektor ke LAN Terster. Lihat gambar dibawah ini.
  • LAN Tester, Cara mengecek kabel LAN
    LAN Tester
  • Turn On LAN Tester untuk memulai pengecekan kabel. Cara mengetahui tester kabel benar atau tidak begini caranya :
  • - Jika Lampu indikator pada urutan 1 sd 8 menyala berurutan dari 1 sd 8 pada kedua sisi, dapat dipastikan kabel lan berfungsi dengan baik.
    - Jika Lampu indikator pada urutan 1 sd 8 ada yang tidak menyala pada kedua sisi, berarti kabel lan tersebut salah pasang atau salah urutan warna kabel atau juga kabel tidak tercrimping dengan baik dan benar.
    - Ulangi langkah-langkah diatas jika memang kabel lan tidak berfungsi dengan baik.
    - Langkah ini untuk testing kabel straight jadi tidak berlaku untuk kabel crossover.  

Sedikit Tips dari saya :
  • Pada saat membangun jaringan kabel usahakan tangan tidak terkontaminasi dengan makanan agar keadaan kabel LAN steril, sehingga tikus tidak terpancing untuk menggigitnya.
  • Untuk lebih safety atau lebih aman, kabel yang ada di bagian atas plafon atau dalam dinding sebaiknya gunakan paralon untuk melindungi kabel secara permanen.
  • Beri Label pada kedua ujung kabel lan agar memudahkan kita untuk mapping.

Demikian cara crimping kabel lan rj45 yang baik dan benar, jika ada yang kurang tepat dari panduan diatas mohon koreksinya pada kolom komentar dibawah ini.

Semoga bermanfaat.



dikutip : https://www.berguruit.com/2017/09/cara-crimping-kabel-lan-rj45-yang-baik.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar